top of page

PERANCANGAN ULANG INTERIOR TK DAN SD SEKOLAH PANDUDENGAN PENDEKATAN DESAIN INTERIOR BERKELANJUTAN (SUSTAINABLE INTERIOR DESIGN)

Gambar penulis: stdibandungstdibandung

Andamar S., Margareta. Desain Interior Sekolah Tinggi Desain Indonesia



ABSTRAK Sekolah merupakan salah satu bangunan publik yang berfungsi untuk menampung aktivitas belajar mengajar. Pendidikan usia dini mampu membentuk anak mempunyai pola pikir dan kebiasaan yang baik terhadap lingkunganya, ini dibutuhkan karena permasalahan global saat ini akan menjadi masalah bagi generasi selanjutnya. Maka sekolah menjadi sarana yang tepat untuk membantu generasi saat ini menjadi peka terhadap lingkungan dan menjaga bumi serta permasalahnya. Kompleks Sekolah Pandu dalam visi dan misinya telah mengusung konsep Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan sebagai salah satu muatan pendidikan, namun masih belum menerapkan konsep ini ke dalam interior sekolah seperti permasalahan pada sirkulasi, tata ruang, tata letak furnitur, pengaplikasian warna, dan material interior yang baik untuk anak. Perlu dilakukan perancangan ulang interior dengan pendekatan Desain Interior Berkelanjutan (Sustainable Interior Desain) dan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) serta standar bangunan ramah anak untuk menciptakan fasilitas sekolah yang nyaman. Metodologi penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan pendekatan interpretatif melalui proses permaslahan yang ada di lanjutkan dengan survei agar mengetaui permasalahan lebih jelas, setalahnya permasalahan ini akan di analisis untuk memecahkan permasalahan, membuat dan menentukan konsep, dan terakir adalah pembuatan desain, gambar kerja, animasi, dan rendering. Hasil perancangan diwujudkan melalui penataan ulang tata letak ruangan, furnitur, warna dan elemen ruang yang mengadaptasi elemen alam dengan penghawaan, pencahayaan alami serta hemat energi dan penggunaan material daur ulang pada furnitur yang aman dan berkelanjutan bagi anak.

Kata kunci: Sekolah TK dan SD, Desain Interior Berkelanjutan, Desain.


ABSTRACT


A school is a public building that functions to accommodate teaching and learning activities. Early childhood education is able to shape children to have good mindsets and habits towards their environment, this is needed because current global problems will become problems for the next generation. So schools are the right means to help the current generation become sensitive to the environment and protect the earth and its problems. The Pandu School Complex in its vision and mission has carried the concept of Education for Sustainable Development as one of the educational contents, but has not yet implemented this concept into the school interior such as problems with circulation, spatial layout, furniture layout, color application and good interior materials. for children. It is necessary to redesign the interior using a Sustainable Interior Design approach and referring to the criteria set by the Green Building Council Indonesia (GBCI) as well as child-friendly building standards to create comfortable school facilities. The research methodology used is qualitative with an interpretive approach through the process of existing problems followed by a survey to find out the problem more clearly, after that this problem will be analyzed to solve the problem, create and determine concepts, and finally create designs, working drawings, animations and renderings. The design results are realized through rearranging the room layout, furniture, colors and room elements that adapt natural elements with ventilation, natural lighting and energy saving and the use of recycled materials in furniture that is safe and sustainable for children.


Keywords: Kindergarten and elementary schools, Sustainable Interior Design, Design.

 
 
 

1 Kommentar


WhatsApp Sekolah tinggi desain indonesia
bottom of page